√ Desa Seraya, Keunikan dan Budaya Asri Bali - WAYAN MEDIA

Desa Seraya, Keunikan dan Budaya Asri Bali


Hiii....
Welcome back sob, lagi mood nulis artikel lagi nih mimin wkwkwkw.. Come on !!

Kali ini mimin mau bahas mengenai budaya dari bali timur yang sangat menarik untuk disimak, 

Bali timur, memiliki pesona yang gak kalah menarik dengan Bali bagian lainnya nih sob. Bali itu emang banyak banget keunikannya gak salah sih dijuluki surganya dunia, emang luar biasa BALI.

Kembali ke topic, yang mau mimin bahas disini adalah keunikan salah satu desa di bali timur : DESA SERAYA

DESA SERAYA sendiri dibagi menjadi 3 wilayah yaitu Seraya Barat, Seraya Tengah dan Seraya Timur. Desa dengan banyak bebukitan, sungai dan susana alam yang sangat sejuk pepohonan. 
Apa saja sih yang menarik dari Desa Seraya ini? Ayok lanjutkan membaca artikel ini sampai akhir ya sob.



1. Jagung Seraya Melegenda


Salah satu iconic desa Seraya dari dulu sampai saat ini adalah jagung. Mayoritas pertanian di desa ini adalah berkebun jagung. Mayarakat disana masih setia dengan tradisi turun temurun diamana kalau musim hujan sudah tiba, mereka akan senatiasa menanam jagung. 

Jagung seraya terkenal manis dan renyah. Texture rasa yang gak bakalan kamu temui di tempat lain, tak heran jagung seraya sangat terkenal di bali. Penasaran pengen mencoba rasa jagung seraya?


2. Pindang Seraya 

Gak hanya jagung, potensi ikan disana juga gak kalah menarik. Masyarakat pesisir pantai selain beternak, mereka juga berprofesi sebagai nelayan ya sob. Ikan tongkol (pindang) di desa Seraya juga menjadi primadona sendiri buat diexplore. 
Biasanya saat ada tamu yang berkunjung ke sana selalu disuguhkan jagung goreng dan ikan bakar sambal matah. Itu enak banget soalnya mimin udah sering nyobain 😁😁. 

3. Tuak dan Arak Seraya
Makanan udah, gak lengkap kalau belum dikombo dengan minuman khas disana dong, Tuak dan Arak. Gak kalah sama minuman luar negeri, Tuak dan Arak masih sangat nikmat bagi masyarakat disana.
Tuak Ental (lontar) biasanya yang ada disana, minuman lumrah  saat ada cara keagamaan atau saat kumpul-kumpul bareng teman. Its Okay, kebersamaan asalkan jangan berlebihan.

4. Tarian Unik ' Sumbu Seraya
Tarian ini selalu dan wajib ada saat upakara keagamaan. Tradisi turun temurun yang tak pernah padam. Sumbu Seraya masih lestari hingga saat ini. Iringan gamelan, kempul, kemong, dan cengceng, seruling berpadu satu menjadi alunan musik yang indah. Amazing !!

Jika kamu ingin lihat tradisi ini silahkan langsung gaskan ke seraya saat ada piodalan (acara keagamaan) 

5. Gebug Ende ' Ritual Memanggil Hujan
Konon dahulu kala saat kemarau melanda desa seraya, untuk memanggil atau memohon hujan kepada Tuhan, masyarakat disana melakukan ritual Gebug Ende sebagai simbolis memohon hujan. 
Tradisi ini pun masih lestari sampai saat ini tak lekang dimakan zaman. Seru dan menantang, pemain gebug memakai tameng bundar dan penyalin sambil menari pukul memukul dengan diringi musik gamelan Gebug Ende. 

Dan masih banyak keunikan lainnya disana. Next bakalan mimin bahas lagi. Ini udah ngantuk banget mau tidur dulu sambil menghayal 😃😃😃. 

Thank You.

Get notifications from this blog