√ Gampang ! Cara Atasi HP Penuh dan Macet - WAYAN MEDIA

Gampang ! Cara Atasi HP Penuh dan Macet

Hii... 

Pernah gak sih kamu kesel banget ketika sedang asik main hp tiba-tiba macet dan slow respon hp-nya. Dipencet gak bisa alias lemot banget, asli langsung esmosi dong hihihi.


Nah diartikel kali ini mimin mau ngasi tips nih gimana caranya biar hp kamu yang macet dan lemot itu biar bisa lancar kembali seperti sebelumnya.

Ada beberapa hal penyebab hp kamu macet sob, survei mimin diantaranya :
1. HP Kamu sudah jadul alias ketinggalan zaman dengan versi saat ini (os dan lainnya)

2. RAM Kecil dan Memori internal HP kamu udah penuh atau ruang penyimpanan hp kamu penuh dengan apliksi dan data-data lainnya.

3. Kerusakan Hardware dari HP 

Mari kita bahas satu persatu yuk sob sambil cari solusi yang tepat buat atasi hp yang lemot banget.

Pertama,
Jika hp kamu sudah jadul alias hp type lama ada benernya juga performanya sudah menurun atau bahkan sudah sangat menurun jadi gak bisa optimasi aplikasi-aplikasi zaman now. Kalaupun dipaksa ya otomatis bakalan macet sih. Os hp sudah berkembang sangat pesat begitu pula dengan aplikasinya mengharuskan perangkat mendukung spesifikasi minimum biar aplikasi tersebut dapat berjalan dengan baik di perangkat seluler.
Solusinya ya uprage hp lama kamu ke yang terbaru saat ini. Alternatif lain kalau kamu bisa custom rom mungkin masih bisa sedikit memaksa ponselmu untuk uprage os (beresiko).

Kedua,
RAM ponsel yang kecil juga sangat berpengaruh saat kamu menjalankan aplikasi. Untuk saat ini mungkin minimal RAM 4GB masih cukuplah untuk akses aplikasi-aplikasi masa kini. Walaupun ponsel terbaru ada juga yg masih ngeluarin RAM 2GB ya, itu agak nyesek sih kalau dipakai, bahkan hanya buat sosmed doang udah cepet banget lemotnya.

Nah untuk penyimpanan internal sendiri mimin saranin kamu bisa pakai online cloud (penyimpanan berbasis online) seperti google drive, dropbox, terabox, dan lainnya ada banyak aplikasi tuh. 

Lakukan upload / backup online secara rutin dengan catatan kamu akan lebih banyak menghabisan paket data internet.
Tapi data-data kamu bakalan awet dan minim hilang karena online cloud storage bisa diakses kapanpun bahkan jika kamu sudah gonta ganti hp berkali-kali. 

Ketiga,
jika kendalanya bukan poin diatas, kerusakan terjadi di hardware ponsel kamu, ya mau gak mau harus servis hp mu. Misal layar yang sudah main-main macet yang bikin layar kurang resfonsif saat disentuh bahkan blank otomatis harus ganti baru tuh lcd hp. Beresss.

Tambahan buat kamu, untuk mengatasi hp yang lemot bisa dicoba dengan menghapus cache setiap aplikasi di ponsel. Silahkan masuk ke pengaturan dan buka pengelola aplikasi, klik aplikasi yang ingin dibersihkan.
Cara cepat tinggal klik dan tahan aplikasi di layar ponselmu dan pilih info aplikasi atau tentang aplikasi, bersihkan saja cache atau data dari aplikasi yang makan banyak memori penyimpan.
.
Untuk ponsel keluaran terbaru biasanya sudah tersedia cleaner bawaan yang bisa dipakai saat hp kamu berasa macet dan muncul notifikasi penyimpanan penuh.

Gampang kan? Next kalau hp kamu sudah lancar kembali infoin mimin ya via komentar dibawah 😍😍😃.

Good Bye !! See You Next Article.

Get notifications from this blog